alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
China Tolak Desakan Internasional untuk Bebaskan Uighur
4 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d27f3f8d43972585326efd4/china-tolak-desakan-internasional-untuk-bebaskan-uighur

China Tolak Desakan Internasional untuk Bebaskan Uighur

China Tolak Desakan Internasional untuk Bebaskan Uighur

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Kementerian Luar Negeri China mengatakan surat yang ditandatangani 22 negara di Dewan Hak Asasi Manusia PBB telah 'mengabaikan fakta' dan memfitnah China. Menurut China, surat itu sebagai intervensi urusan domestik mereka dan politisasi hak asasi manusia.

"China sangat tidak senang dan menentang hal ini, kami sudah mengajukan pernyataan keras ke negara-negara terkait," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang, seperti dilansir dari Sky News, Kamis (11/7).

Sebelumnya diberitakan 22 negara menyerukan agar China melepaskan etnis Uighur yang ditahan di Xinjiang. Teguran itu menjadi langkah gabungan pertama di Dewan Hak Asasi Manusia PBB (OHCHR) dalam isu Xinjiang.

Surat yang ditujukan kepada ketua forum OHCHR yang bertanggal 8 Juli itu ditandatangani 22 negara. Australia, Kanada, dan Jepang bersama negara-negara Eropa seperti Inggris, Prancis, Jerman, dan Swiss menjadi penandatangan surat tersebut.

Tapi Amerika Serikat (AS) yang keluar dari OHCHR tahun lalu tidak ikut menandatanganinya. Sementara Indonesia belum dapat menandatangani surat apa pun di OHCRC. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Teuku Faizah mengatakan ia belum mengetahui tentang hal itu.

"Saya belum tahu, nanti saya cari tahu," kata Teuku.

Teuke mengatakan Indonesia baru mencalonkan diri sebagai anggota Dewan HAM PBB pada periode 2020-2022. Sebelumnya, Indonesia pernah menjadi anggota Dewan HAM sebanyak 4 kali, yaitu pada tahun 2006-2007 (sebagai pendiri); 2007-2010; 2011-2014; dan 2015-2017.

Surat teguran 22 negara itu tidak memenuhi syarat untuk dibacakan di Dewan HAM PBB atau menjadi resolusi yang akan diputuskan melalui pemungutan suara, sesuatu yang diinginkan para aktivis. Para diplomat di Dewan HAM PBB mengatakan ada kekhawatiran jika itu dilakukan maka memicu serangan balik melalui sektor politik maupun ekonomi dari China. Salah satu diplomat negara Barat yang tidak disebutkan namanya mengatakan itu adalah langkah gabungan pertama untuk merespons Xinjiang.

Pakar PBB dan aktivis mengatakan setidaknya ada 1 juta orang Uighur dan minoritas Muslim lainnya yang ditahan di wilayah terpencil sebelah barat China. Beijing mengaku pusat penahanan tersebut sebagai fasilitas vokasi untuk menghalau ekstremisme.

"Ini langkah formal karena ini akan dipublikasikan sebagai dokumen resmi OHCHR, itu menjadi sinyal," kata diplomat lainnya.

Surat itu menyuarakan keprihatinan atas laporan tentang penangkapan yang tidak sesuai dengan hukum. Mereka prihatin atas pengawasan dan pembatasan yang menargetkan warga Uighur dan minoritas lainnya di Xinjiang.

Surat itu mengutip dengan tajam kewajiban China sebagai anggota forum 47 negara mempertahankan standar tertinggi. Para penandatangan meminta China untuk mengikuti hukum nasional, kewajiban internasional dan menghargai hak asasi manusia, serta kebebasan fundamentalnya.

"Termasuk kebebasan dalam beragama atau berkeyakinan di Xinjiang dan di seluruh China," kata surat tersebut.

"Kami juga menyerukan China untuk menahan diri dari penahanan sewenang-wenang dan membatasi kebebasan pergerakan warga Uighur dan Muslim serta komunitas minoritas lainnya di Xinjiang," kata para penandatangan di surat tersebut.

Surat itu juga mendesak China untuk memberikan pakar indendepen termasuk Kepala Komisi Tinggi Hak Asasi Manusia PBB Michelle Bachelet 'akses berarti' ke Xinjiang. Mantan presiden Cile tersebut mendesak China untuk memberikan akses kepada PBB melakukan investigasi atas laporan penghilangan dan penahanan sewenang-wenang terhadap muslim di Xinjiang.
https://m.republika.co.id/berita/pui...ebaskan-uighur

Ironis nya gak ada 1 pun negara mayoritas muslim yg ikut tandatangan

mana suaranya Indonesia, turki, saudi, iran dll dst?

knp malah negara kafir yg vokal bela uighur?

karena cinak menlen bukan zionist Isroil?

atau krn terjebak perangkap hutang dr beijing?

sdh lah bebasin aja itu 1 jt tahanan uighur, angkut sono ke eropa dan aussie
semua senang kan.. emoticon-Big Grin
atmajazone dan 5 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
jijik sama ajaran bu damai pak rahmat
salah aja sekuler di mata golongan ini
Jika ada kaum minoritas memberontak harusnya tiru bagaimana cara turki menangani armenia..emoticon-Big Grin

Mereka biasanya caci maki soal rohingnya dan uighur tapi pura-pura gila akan kelakuan Turki...emoticon-Big Grin
atmajazone dan 5 lainnya memberi reputasi
World Politics emoticon-Traveller
padahal ciwinya cantik2..
dilepasin yang kualitas bagus aja lah..
emoticon-Ngakak (S)
ngakak, lah indonesia malaysia turki saudi mendukung kamp konsentrasi xinjiang kok, fengen gue bawain berita nya? tapi itu semua dlm bhs inggriss
munafik dan tololnya euronistan emoticon-Big Grin

kasus bom di eropa, penusukan, penabrakan truk dll
sudah cukup banyak dilakukan teroris2 tsb, korbannya juga banyak dari kalangan bule2 tapir

cinak mau mengatisipasi itu, malah di protes pake alasan ham hem hom

waras eropa ???? emoticon-Big Grin
unicorn.destroy dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dwiatmaja
Lihat 2 balasan
uda lah
lepasin aja uighur
lepasin ke surga (itupun klo ada)

emoticon-Ngacir
Taiwan tibet xinjiang hongkong......hahahahahahaah emoticon-Wakakaka



Di sebelah ambarawa! emoticon-Salah Kamar
Balasan post dwiatmaja
Quote:


Jerman nerima 1jt refugee tuh. Nanti jg akan tiba waktunya mereka melakukan hal yg sama saat para refugee itu mulai enak dan nuntut wilayah untuk merdeka.
Balasan post dwiatmaja
@Ahyau sekarang aja udah nuntut syariah
googling aja, jerman, prancis, belgia, inggris, swedia

jadi shithole country semua itu emoticon-Big Grin
48y24rd memberi reputasi
Diubah oleh dwiatmaja
nasbung kampreg goblog di goblog goblog in taqqiya
Quote:


Kasih aja, biar orang2 sini pada terguncang pas baca berita itu.
Gak tahu alamat BPLN ya gan, atau kesasar? Dasar Cinak Wannabe Retard. Disini mana ada Arie Tumpobolon yang bisa ngesupport ente dengan klipingan nya.
Negara ini mana mau didikte..
Gak tahu duduk permasalahannya secara mendetail ane, jadinya gak berani ikutan komen. mungkin bagi kita salah bagi mereka belum tentu. kita juga kalau minoritas mau bebas sering kasih batasan kok, jadinya ya sama saja sebenernya
comrade.frias memberi reputasi
Kok belum di ban ini trit. Wah, mod nya kemana ini.
Woyyy hansip kemana ente, jangan molor mulu.
uighur itu tak beda jauh dengan rohingya
sama-sama terkenal suka play victim cari simpati

cuma orang idiot aja yg percaya pada uighur & rohingya
Wong Indonesia tidak menghargai HAM.
Masih aja ingin mencalonkan diri emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Emang, makanya kebanyakan orang sini munafik. Bilangnya cewek yang suka pamer tubuh di medsos itu cewek nakal, rendahan, dsb. Tapi pas ditawarin main sama pecun, mau2 aja. emoticon-Mad (S)
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di